Tips Menghindari Aksi Coret-Coret Saat Pengumuman Kelulusan


Apa yang Anda bayangkan saat pengumuman UN? Para siswa duduk manis di atas bangku masing-masing lalu guru mengumumkan kelulusan melalui amplop. Boleh jadi para siswa berbaris di halaman sekolah lalu menerima amplopnya masing-masing. Memang itu yang lazim dilakukan!

Tapi kejadian berikutnya yang sering terjadi adalah, siswa mencoret-coret baju seragamnya. Luapan perasaan yang sangat gembira dilampiaskan dengan menghiasi baju seragam dengan aneka warna cat semprot, tanda tangan, dan sebagainya. Cukup ekstrem jika dibandingkan dengan emosi segelintir siswa yang tidak lulus. Sebab yang tidak lulus pasti merasa sangat terpukul, pingsan, atau bahkan berteriak-teriak.

Kejadian yang lebih ekstrem adalah ketika siswa yang bergembira ria itu ramai-ramai konvoi layaknya geng motor. Bak pahlawan yang menang perang, dengan seragam kemenangannya mereka konvoi keliling kota. Yang lebih sadis, ada kelompok-kelompok siswa yang terlibat tawuran pasca pengumuman kelulusan itu! Anarkis!

Lalu ini salah siapa? Siapa yang harus disalahkan?

Sudah seharusnya pihak sekolah melakukan langkah-langkah preventif untuk mencegah kejadian-kejadian seperti itu. Bagaimana caranya? Beberapa poin berikut bisa menjadi pertimbangan:

  1. Siswa diwajibkan menghadiri pengumuman kelulusan bersama orang tuanya. Orang tua tentu akan mencegah anak melakukan tindakan-tindakan menyimpang anaknya.
  2. Siswa diwajibkan menggunakan baju bebas (bukan baju seragam). Supaya bajunya tidak menjadi korban coret-coret.
  3. Lakukan pengumuman di ruangan, bukan di lapangan. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir hiruk-pikuk pengumuman kelulusan.
  4. Kepala sekolah atau yang diberi wewenang mengumumkan hendaknya memberikan pengertian kepada siswa sebelum pengumuman. Dalam penyampaiannya, hendaknya kepala sekolah mengimbau anak didiknya untuk tidak meluapkan emosi secara berlebihan setelah melihat kelulusan.
  5. Jika memungkinkan, pengumuman kelulusan diisi dengan acara yang bermanfaat, misalnya pidato siswa-siswi tentang kesan, pesan, harapan pada masa yang akan datang, dsb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s