MathType 6.0, Pengganti Microsoft Equation untuk Karya Tulis Ilmiah


Karya tulis ilmiah terikat pada aturan baku, termasuk penulisannya. Jenis huruf yang standar adalah Times New Roman untuk semua tubuh tulisan. Kadangkala permasalahan timbul ketika harus mengetikkan rumus atau persamaan matematika.

Dalam Microsoft Office 2007 atau 2010, yang tersedia paling simpel adalah Microsoft Equation. Namun kekurangan dari Microsoft Equation adalah hanya mendukung satu jenis font, yaitu Cambria Math yang tidak standar untuk karya tulis ilmiah.

Perbedaannya dapat kita lihat di bawah ini.

Sebenarnya kita bisa memasukkan Microsoft Equation 3.0. Dengan Microsoft Equation 3.0, font yang kita gunakan sangat beragam tetapi untuk tampilan rumus kadang menjadi tidak bagus atau kalau dicetak tidak sesuai dengan tampilan di komputer.

MathType 6.0 merupakan versi terbaru dari  Microsoft Equation 3.0 yang dikembangkan oleh Design Science, bukan Microsoft. Kelebihannya adalah:

  • Mampu menampilkan rumus matematika (Equation) dengan berbagai font.
  • Menggunakan berbagai simbol matematika yang lengkap yang mendukung berbagai jenis font, termasuk Times New Roman sebagai font baku karya tulis ilmiah.
  • Terintegrasi dengan Microsoft Office 2007 dan Microsoft Office 2010. Hal ini bisa kita jumpai dengan tampilan MathType di Ribbon atas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s