Info Ujian Nasional (UN) 2012 Terbaru


Ujian Nasional telah diselenggarakan untuk tingkat SMA pada tanggal 16 – 19 April 2012 dan nantinya disusul dengan Ujian Nasional SMP (23 – 26 April) kemudian Ujian Nasional SD (7 – 9 Mei). Banyak hal menarik yang selalu menjadi bahan pembicaraan mengenai Ujian Nasional. Yang paling menarik adalah bagaimana kriteria kelulusan UN tersebut.

Kelulusan peserta didik dalam UN ditentukan berdasarkan nilai akhir (NA), yang diperoleh dari nilai gabungan antara nilai sekolah (NS) pada mata pelajaran yang diujinasionalkan dan nilai UN (murni).
Pembobotannya 40% untuk NS dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% untuk nilai UN.

Untuk kriteria kelulusan, peserta didik SMP atau SMA dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari semua NA mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol). Sedangkan untuk SD rata-rata minimal dan nilai minimal setiap pelajaran ditetapkan oleh sekolah bersangkutan dengan musyawarah antara pihak sekolah dengan orang tua.

Ujian Nasional SD terdiri dari 2 seri soal, yaitu A dan B. Sedangkan untuk SMP dan SMA terdiri dari 5 seri soal dengan denah sebagai berikut:

Untuk Info lebih lengkap, silakan download Permendikbud, POS, Kisi-Kisi/SKL, Tanya Jawab, dan Slide Presentasi UN Tahun Pelajaran 2011/2012 Revisi dengan link di bawah ini.

1. Permen No 59 tahun 2011 ,

2. POS UN SD/MI,

3. POS UN SMP/SMA/SMK

4. SK BSNP tentang Kisi-kisi,

5. Tanya-jawab UN,

6. Presentasi-Sosialiasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s